Banyak siswa SMP pada saat
mengikuti kegiatan belajar di kelas merasa jenuh dan bosan, hal ini disebabkan
oleh beberapa faktor diantaranya metode mengajar yang digunakan guru tidak
bervariasi, penggunaan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan kebutuhan
siswa, atau mungkin beban tugas yang diberikan guru kepada siswa terlalu banyak.
Agar siswa terlibat dan termotivasi dalam kegiatan belajar di kelas, maka seorang guru harus mempersiapkan secara matang apa saja yang harus dilakukan dan disediakan untuk menyampaikan materi di kelas, persiapan pembelajaran yang dimaksud adalah metode dan media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, jika guru tidak mempersiapkan hal tersebut maka yang akan mungkin terjadi adalah guru akan menemukan kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran yang dibutuhkan siswa, sehingga akhirnya kegiatan pembelajaran tidak terarah dan tidak menarik sehingga membuat siswa merasa jenuh dan bosan.
Ibu Dra. Yuni Setianingasih, M.M.Pd adalah salah satu guru SMPN 1 Haurgeulis yang berhasil menerapakan metode pembelajaran yang menarik dan efektif di kelas. Guru yang juga merupakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik di SMPN 1 Haurgeulis ini berhasil membuat suasana belajar di kelas hidup dan siswa antusias dalam mengikuti kegiatan belajar.
Guru yang mengajar mata pelajaran IPA ini menyampaikan materi tentang Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Kehidupan. Metoda pembelajaran yang terapkan adalah dengan diskusi, tanya jawab, penilaian antar kelompok dan presentasi. Media pembelajaran menggunakan slide dan gambar mahluk hidup yang berkaitan dengan materi rantai makanan.
Sebelum kegiatan pembelajaran di mulai siswa mempersiapkan kertas manila berukuran lebar dan potongan gambar-gambar mahluk hidup yang akan di buat diagram rantai makanan dan lem. Sebelum kegiatan belajar dimulai terlihat siswa sudah termotivasi dan bersiap menunggu intruksi yang akan diberikan guru.
Di awali dengan penyampaian tujuan pembelajaran guru melakukan kegiatan tanya jawab sebagai pembuka materi yang akan dipelajari, kemudian dilanjutkan dengan memberikan tugas kelompok untuk membuat diagram rantai makanan, siswa antusias mengikuti kegiatan belajar. Hasil karya siswa di pajang di depan kelas dan diamati dan dikomentari oleh kelompok lain. Di Akhir kegiatan pembelajaran guru memberikan refleksi dan test singkat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar